Karangwuluh Membangun Menuju Kalurahan Mandiri, Maju dan Sejahtera

Artikel

Desa Wisata Jatimulyo, Kulonprogo Masuk 28 Besar Nasional

24 Oktober 2019 14:16:41  Administrator  268 Kali Dibaca  Berita Lokal

Oleh : Suyono Sugondo

Yogyakarta – Desa Wisata Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) berhasil masuk 28 besar lomba desa wisata nasional. Dan harus bersaing dengan puluhan Desa Wisata lain di berbagai daerah di Indonesia, yang telah memiliki brand cukup terkenal.

Seperti, Mendoyo Jembrana Bali, Sambirejo Kabupaten Sleman, Desa Wisata Dadapan, Kabupaten Pacitan, Jatim, kemudian Desa Wisata Bawuran, Kabupaten Bantul, Desa Wisata Hegamurti,  Bekasi, lalu ada Desa Wisata Kebonmanggu Sukabumi, Desa Wisata Apar, Pariaman Utara, Pariaman, Desa Wisata Majale  Bantaragung, Majalengka.

Analis Ekonomi Dinas pariwisata Kulonprogo, Ari Waspodo, Jumat ( 4/10) mengatakan, meski masih berada di 28 besar nasional, namun peringkat ini sudah sangat bagus karena jumlah desa wisata di Indonesia jumlahnya ribuan.

“Maka sudah saatnya, semua komponen pariwisata di Kabupaten Kulonprogo, harus percaya diri bahwa sebenarnya kita ini memiliki potensi yang besar, memiliki nilai ekonomis yang potensial dan harus bangkit karena modal keindahan alam itu tidak dimiliki semua daerah lho,” katanya, Jumat ( 4/10).

Sesuai jadual Tim Verifikasi akan melakukan penilaian antara tanggal 9 -25 Oktober 2019 mendatang.

Ada beberapa hal yang akan dinilai, yakni Tim Verifikasi akan melakukan penilaian 9 sampai 25 Oktober 2019, mendatang.

Ada empat hal yang dinilai yakni branding, advertising dan selling, lalu sumber daya manusianya yang ada, produk wisata, atraksi, maneitas, dan aksesibilitas. Point terakhir ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan serius oleh pelaku wisata Kabupaten Kulonprogo, tentu dengan dukungan pemerintah.

Pengembangan Desa Wisata Jatimulyo, Kulonprogo menurut Ari Waspodo, merupakan program pengembangan wisata kerjasama antara BUMDES Jatimulyo dan Desa Wisata Jatimulyo.  Untuk Desa Wisata didampingi Dinas Pariwisata Kulonprogo,  BUMDES dibimbing Dinas Penanaman Modal Daerah, Dalduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo. (sug)

(jogjainside.com)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Karangwuluh Temon
Kalurahan : KARANGWULUH
Kapanewon : TEMON
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon :
Email : pemdes.karangwuluh@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:85
    Kemarin:417
    Total Pengunjung:103.156
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.112.140
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID