Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Karangwuluh

Administrator | 07 November 2019 00:18:58 | Berita Desa | 201 Kali

Karangwuluh- Kegiatan peningkatan kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas Kepala Desa dan perangkatnya dalam menghadapi tahun anggaran 2020 yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan bagian dari bidang pemberdayaan masyarakat dan menjadi kegiatan rutin pemerintah desa sebagai ajang pembelajaran dan evaluasi. Untuk desa Karangwuluh telah dilaksanakan pada hari senin lalu tanggal 4 Nopember 2019 dan terlaksana dengan lancar. Dihadiri oleh Bapak Murdiyono dari kecamatan  Temon dan Bapak Ambar  pendamping desa, acara ini dimulai pada pukul 08.30 wib.

Pada sesi pertama materi yang disampaikan pada kegiatan ini terkait dengan perubahan nomenklatur Kepala Desa dan perangkat desa, yaitu Kepala Desa menjadi Lurah, Sekretaris Desa menjadi Carik, Kasie Pembangunan menjadi Ulu-Ulu, Kasie Pemerintahan menjadi Jagabaya, Kasie Kemasyarakatan menjadi Kamituwa, Kaur aset dan umum menjadi Pangripta, Kaur Keuangan menjadi Danarto serta kepala dusun menjadi Dukuh. Dan juga berhubungan dengan tupoksi masing-masing Kasie Kaur dan secara tegas disampaikan bahwa tupoksi ini harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selanjutnya pada sesi kedua diampu oleh pendamping desa yang titik beratnya adalah membuat Rencana Anggaran Biaya Pembangunan fisik dengan tujuan menambah kemampuan merancang dan menganggarkan pembangunan bagi para dukuh yang di desa Karangwuluh. Dan memang pada tahun 2020 pertanggungjawaban pembangunan fisik ada dikewilayahan masing-masing. Hal itu berubah sesuai aturan jika tahun sebelumnya pertanggungjawaban ada di tim pembangunan Desa, maka pada tahun 2020 pembangunan fisik di kewilayahan pertanggungjawaban ada di tim pedukuhan. Sedangkan tim Desa hanya bertanggungjawab terhadap pembangunan yang bersifat kedesaan.

Dan akhirnya tepat pukul 13.00 wib kegiatan ini selesai dan ditutup oleh Kepala Desa Karangwuluh Bapak Purwoko Agus Sancoyo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Karangwuluh Temon
Desa : KARANGWULUH
Kecamatan : TEMON
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon :
Email : pemdes.karangwuluh@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID